Friday, May 08, 2009

(0) Comments

CELAH BERBAHAYA SOFWARE OPEN SOURCE

aam


Sangat mengejutkan, sebuah celah berbahaya dengan dampak yang sangat besar telah ditemukan di open source key generation. Termasuk varian Linux Debian dan Ubuntu.

Mungkin sobat semua sering mendengar dari sana–sini tentang lemahnya keamanan Microsoft dengan embel-embel OS Windows gampang kena virus dan pengikut-pengikutnya sehingga banyak yang membangga-banggakan OS open source seperti Linux dan Ubuntu. Katanya sih,nih katanya temen gue, kalau OS Windows rentan ama virus, kalau kita ketinggalan ngapdate antivirus tunggu aja tanggal mainnya cos musuhnya (virus etc.) Windows banyak banget dan katanya lagi nih, kalau OS linux atau Ubuntu itukan sedikit musuhnya jadi kita aman dari serangan virus. Otomatis banyak orang yang beralih ke OS open source untuk jaga2 atau ambil amannya (kaya PNS aja).

Tetapi lama-lama ini (cos infonya ga up 2 date) bahkan telah digelar konferensi hacker yang menunjukkan betapa lemahnya sistem keamanan Mac OS X, terlepas dari lambatnya patch yang dirilis oleh apple. OS Mac dibajak hanya dalam waktu 10 menit, dan disaat yang sama Linux dan Windows ternyata lebih aman dari Mac.

Saat ini, para peneliti keamanan telah menemukan celah keamanan berbahaya yang digunakan diberbagai program keamanan Linux. Celah ini sebenarnya telah dideteksi sejak tahun 2006 ketika para programmer open source tanpa sengaja menemukan kesalahan pada kode dasar Linux. Kesalahan pemrogaman diprediksi oleh geerated program keys yang diciptakan oleh OpenSSL library.
Seorang hacker, H.D. Moore dari proyek Metaspoloit telah merilis sebuah “mainan” sobat, Gila! Cuma mainan tetapi bisa membantu para hacker menjebol sistem keamanan Linux dan Ubuntu. Situs Moore memberikan daftar key yang belum dikalkulasi berdasarkan celah pada Linux, agar para hacker dapat dengan mudah mengidentifikasi sistem yang tidak aman.
Sayangnya, memperbaiki clah pada Linix tidak semudah memperbaiki kelemahan buffer over flow.
Jadi kesimpulannya apa sobat? Mungkin ada istilah kalau Os windows gampang sakit-sakitan tapi dia bisa sembuh tapi kalo OS open source yang gagah sekali pukul langsung modar…T_T maybe, kali lho.

0 Responses to "CELAH BERBAHAYA SOFWARE OPEN SOURCE"

Post a Comment